Detektif Conan #60: Tetangga Baru

Published Juni 23, 2011 by The Word Potion

Komik Conan terakhir terbit seri berapa sih? 61? 62?
Whatever. Yang jelas saya baru ngelarin seri 60. Telat, yes! Nasiib jauh dari toko buku. Jadi musti nitip beliin dan nunggu adek pulang Sabtu kemarin😦

Yasud. Kembali ke topik.
Seri 58-59 buat yg ngikutin serial ini bisa jadi ‘peak point’ ya. Dimana di 2seri itu dibahas ‘pertempuran’ 3 organisasi sekaligus: Jubah Hitam, CIA (Rena Mizunashi,) dan FBI (bu Jody & Suichi Akai).
Pun juga dari 2 seri itu terungkap beberapa rahasia penting. Bahwa Rena Mizunashi ternyata benar adalah kakak Eisuke Hondo. Bahwa Rena ternyata agen CIA.

Kejutan tidak hanya itu saja. Tapi bisa diingat lagi, di akhir seri 59 kita disuguhkan sebuah klimaks, dilema Rena antara harus kembali membuktikan ‘kesetiaan’nya terhadap organisasi jubah hitam (dengan tetap menyimpan rapat2 status agen CIAnya tentu saja) dimana satu2nya cara yg diminta sang boss besar: menghabisi Suichi Akai dengan tangan Rena sendiri.
Seru & menegangkan.
Apalagi kemudian digambarkan bahwa Rena memang menembak langsung Akai tapi apakah Akai benar2 mati atau berhasil (ntah bagaimana caranya) lolos, itulah misterinya.
Bersambung ke seri 60!
***
Waktu dapet komiknya, yang saya baca pertama kali adalah sinopsis di cover belakang.
Lah kok?? Sepertinya masalah Akai ini disimpan dulu dan tidak dibahas di seri 60. Duh, antiklimaks! Bikin gak semangat baca.
Tp ya tetep maksain baca dong! Ini dia beberapa hal penting di seri 60:

A. MISTERI KEMATIAN AKAI
1. Waktu Eisuke membisiki Conan kalau ada orang FBI yang meninggal (Yes, Akai!), ternyata respon Conan biasa2 saja malah bilang dalam hati.. “iya… baik2 saja!!” diselingi tatapan tajam dan senyum misterius yang meyakinkan.
2. Bu Jody menelpon Conan ngasih kabar keberadaan orang baru di organisasi jubah hitam, sama sekali tidak menyinggung2 kematian Akai. Atau kalaupun tidak mati, keduanya tidak menyinggung ke mana Akai menghilang.

Jadi sekalipun tidak dijelaskan secara gamblang, kita cukup bisa menarik kesimpulan yes, kalau ternyata Akai tidak terbunuh. Keberadaan Akai lah yg msh jadi misteri.
Just wait dan see!πŸ™‚

 

B. FAKTA-FAKTA DI CONAN #60:
1. Sama seperti Shinichi Kudo, ternyata Eisuke Hondo juga menaruh hati pada Ran Mouri (^^’).

2. Eisuke bercita2 jadi agen CIA seperti ayah & kakak perempuannya.

3. Ternyata Eisuke memang sudah tau kalau Conan adalah Shinichi. Dan dengan satu jebakan kecil, dia berhasil memastikan fakta itu langsung pada Conan. Haha BIT SURPRISING!!
(Dulu sempat nyangka Eisuke itu orang jahat. Aneh dan misterius gitu kan orangnya. Tp sekarang I❀ this guy!πŸ™‚.

4. Bu Jody punya no.baru dan Rena diberi tau.

5. Dari telpon sembunyi2 Rena ke bu Jody, kita bisa tau bahwa ada anggota baru organisasi (jubah hitam) yang bergerak, ahli mengumpulkan informasi, mengamati, dan menganalisis.

6. Kode anggota baru ini = BOURBON.

7. Target pergerakan anggota baru ini, menurut dugaan Rena, adalah Sherry (Haibara).

8. Semula FBI berencana mengawasi & menjaga Ai langsung. Tapi karena pertimbangan lokasi Ai bisa diketahui, akhirnya urusan itu diserahkan pada Conan.

9. Dalam 1 kasus pembakaran apartemen, dicurigai 3 orang sebagai tersangka pelaku pembakaran. Pertama bertemu, Haibara langsung disusupi perasaan aneh, firasat keberadaan orang organisasi di lokasi, pandangan dingin yang ingin memangsa, membuat Ai ketakutan dan ingin kabur. Tapi trnyata.. Orang itu mendadak hilang!

10. Ai menduga orang organisasi itu adalah 1 diantara 3 tersangka. Tapi belum bisa memastikan yang mana.

11. Kasus pembakaran apartemen selesai. Pelakunya Ginya Makabe (freelancer). Tp salah 1 orang yg sempat jd tersangka, Subaru Okiya (mahasiswa), meninggalkan cerita lain. Subaru yg diantar kelompok detektif cilik menemui prof. Agasa, menyatakan ketertarikannya untuk tinggal bersama profesor dan Ai di rumah mereka. Profesor menanyai pendapat Ai. Ai pun bersiap menyatakan keengganannya tapi buru2 disela Conan dengan menawarkan rumah kosong Shinichi untuk ditempati Subaru sementara.

12. Subaru tidak menolak tawaran Conan. Ai menasehati Conan untuk mempertimbangkan lagi tindakannya, tapi Conan menenangkan Ai dengan berkata “Nggak ada penggemar Holmes yg jahat kok”.

13. Sato (nama lengkapnya siapa ya, lupa! Haha) sebagai anggota kepolisian sering melakukan pengintaian, salah satunya dengan Chiba. Dalam pengintaian Sato tidak segan2 beradegan romantis dengan partnernya untuk mengelabuhi target mereka. Tapi hanya dalam pengintaian bersama Takagi, Sato meminta partnernya itu menciumnya mesra (yang lucunya, Sato jaim habis2an berdalih ini semata2 karena tugas. Dan Takagi dengan polos tak henti2nya terbayang adegan ciuman mesranya dengan Sato walau akhirnya nggak terjadi karena keburu diganggu Conan dkk. Haha I❀ this couple! Satunya jaim, jutek, Satunya polos, suka ngalah. Perpaduan manis!πŸ™‚ )

Well, 13 poin ini cukup ya buat merangkum isi seri 60 (hope so!πŸ˜€ Mau nambahin? Monggo…).
Sebenarnya mau lanjut nulis. Bikin poin C, tentang ‘what I’ve learned from Conan #60’ (banyak lho… tentang black jack, tentang kuroshi, tentang CIA, banyak pokoknya!) tapi keburu dihinggapi rasa males, plus capek juga ini dari tadi senam jempol mencet2 tombol keypad HPπŸ˜€

Conan makin seru ya! Siapa sebenarnya Subaru Okiya si tetangga baru yang sekarang menempati rumah Shinichi? Apa motifnya dengan berencana tinggal di rumah prof. Agasa? Kenapa Conan tenang2 saja dan malah menawarkan rumahnya utk ditempati Subaru sementara Ai menaruh curiga pada orang ini?

Jadi benerkah Subaru Okiya ini orang baru organisasi yg disebut2 Rena dan menjadikan Sherry (Haibara) sebagai target?

Belum lagi misteri keberadaan Akai. Aman dalam lindungan FBI? Atau Rena yg menyembunyikannya?

We’ll see! Sampai jumpa di Detektif Conan #61. Mau beli duluu… ^^v

Terakhir, mau ngutip ini deh.. Kata2nya Subaru Okiya pada Conan, yang dia kutip dari kalimat Holmes buat DR. Watson,

“[The adventure of the copper beeches]. Watson, untuk mencari tahu karakter anak-anak, kau sekalu mencari tahu soal orangtuanya lebih dulu, kan? Kalau gitu, tidakkah hal sebaliknya juga memungkinkan?”

 

Ah, INI KEREN…!!

Salam,
– InaRa –

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: